Kamis, 06 September 2012

Dawet Ayu Banjarnegara.

Musim kemarau tampaknya sudah terjadi di jawa dan mungkin daerah lain di indonesia, untuk itu kuliner yang paling di cari tentunya adalah yang bisa membuat tenggorokan kita menjadi segar kembali. jika di Ponorogo ada Dawet Jabung, di Purworejo ada Dawet Ireng, maka di Banjarnegara ada Dawet Ayu.
Saya rasa, dawet ayu banjarnegara adalah minuman segar jenis dawet yang paling populer di Indonesia, hampir di setiap daerah di indonesia kita khususnya jawa kita bisa menemukan minuman segar ini. Entah bagaimana ceritanya kok bisa menyebar kemana-mana, yang jelas hampir semua orang pasti sudah mengenal es Dawet Ayu Banjarnegara.
Konon kata "ayu" dalam dawet ayu ini berasal dari sebuah grup lawak yang dahulu sangat terkenal di Karesidenan Banyumas yang sempat mencicipi dawet ini. Karena mereka terkesan dengan rasa dawet ini, maka muncul lah nama Dawet Ayu, selain karena memang penjualnya waktu itu "ayu".
Biasanya kuliner segar ini di jajakan berkeliling, bisa dengan pikulan atau gerobak. Keduanya sangat khas, di gerobak atau di pikulan pasti ada tokoh wayang semar dan gareng. Entah kenapa bisa begitu, yang jelas tokoh wayang tersebut pasti ada di gerobak atau pikulan penjual dawet ayu.
Sebenarnya untuk membuat dawet ini tidaklah susah, cendol pada dawet ayu ini terbuat dari perpaduan antara tepung beras dan tepung kanji yang membuat kenyal dan biasanya di tambahkan aroma pandan dan nangka, tak lupa tentunya cincau.

Sumber foto : www.vijayvijay-apasaja.blogspot.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar