Jumat, 07 September 2012

Gobag Sodor

 Sumber foto : www.warungkopipasuruan.blogspot.com

Masih ingat dengan permainan gobak sodor? halah Itu lo, permainan dua kelompok, yang satu berusaha menerobos penjagaan kelompok lainnya. Mungkin sewaktu Anda  kecil TK atau SD, Anda bersama teman-teman Anda sering memainkan "dolanan" anak yang membutuhkan kelincahan dan kesigapan ini.
Permainan semacam gobak sodor tadi atau permainan tradisional lainnya jamak dimainkan anak-anak di masa lalu. Tapi anak-anak zaman sekarang sangat jarang memainkan permainan tradisional. malahan, mungkin mereka tidak mengetahui ada permainan tersebut.

Maklumlah, anak-anak zaman sekarang lebih suka memainkan games komputer atau  PlayStation, Nintendo, X-box, dan sejenisnya. Lama-kelamaan, pengetahuan mengenai permainan tradisional ini juga mulai menghilang dari benak anak sekarang.
Kenapa permainan ini disebut gobak sodor? Karena permainan ini maju mundur melalui pintu-pintu.  Biasanya permainan galasin atau gobak sodor dilakukan di lapangan. Hampir di seluruh daerah di Indonesia mengenal permainan yang umumnya dimainkan oleh anak-anak dengan usia sekitar 6 tahun sampai dengan 13 tahun ini, hanya saja namanya berbeda-beda. Walaupun begitu aturan permainannya hampir sama.
Arena bermainnya berbentuk persegi empat seperti lapangan bulu tangkis, dengan ukuran 9 x 4 Meter. Arena dibagi menjadi 6 bagian dengan ukuran yang hampir sama besar.
Cara bermainnya:
  1. Permainan galasin ini dimainkan oleh dua tim.
  2. Satu tim biasanya terdiri dari empat orang. Kelompok pertama sebagai pemeran dan kelompok kedua sebagai penjaga.
  3. Satu regu buat menjaga garis dan satu regu lagi untuk melewati garis tersebut.
  4. Setiap anggota harus melewati garis-garis yang telah dijaga sampai baris terakhir, setelah sampai baris akhir , semua anggota harus baik lagi ke baris awal dengan cara yang sama.
  5. Garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan kapur.
  6. Bagi anggota yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas horisontal harus berusaha menghalangi lawan mereka yang berusaha melewati batas garis yang sudah ditentukan.
  7. Bagi anggota yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas vertikal, maka orang ini mempunyai akses untuk keseluruhan garis vertikal yang terletak di tengah lapagan.
Nah, kalau itu adalah cara permainannya, ada juga aturan dalam permainan tradisional ini yang harus kalian perhatikan. Apa saja? Lihat di bawah ini, ya...
  1. Mencegat lawan agar tidak bisa lolos ke baris terakhir secara bolak-balik.
  2. Anggota tim yang mendapat giliran jaga harus menjaga lapangan agar tidak bisa dilewati oleh tim lawan, yaitu menjaganya di garis horisontal dan vertikal yang telah ditentukan.
Untuk menentukan tim mana yang menjadi pemenang, seluruh anggota tim harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah di tentukan. Tim yang gagal melewati proses itu harus bergantin menjadi tim jaga.
Nah sahabat Orbit, permainan ini sangat menarik, menyenangkan sekaligus sangat sulit karena setiap orang harus selalu berjaga dan berlari secepat mungkin untuk menang. O ya, selain gobak sodor, masih banyak permainan tradisonal kita yang menyenangkan, lho. Ada petak umpat, bola bekel,  benteng-bentengan, congklak, dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar