Candi Borobudur dibangun untuk mewakili banyak lapisan teori Buddhis. Dari pandangan mata burung, bait dalam bentuk sebuah mandala Buddhis tradisional. Sebuah mandala adalah pusat banyak Buddha dan Hindu seni, bentuk dasar mandala Hindu yang paling dan Budha adalah persegi dengan empat titik masuk, dan titik pusat lingkaran. Bekerja dari eksterior ke interior, tiga zona kesadaran yang diwakili, dengan lingkup pusat mewakili pingsan atau Nirvana.
Zona 1 Kamadhatu
Di dunia fenomenal, dunia dihuni oleh masyarakat umum.
Ini tingkat dasar Borobudur telah ditutupi oleh sebuah yayasan pendukung, sehingga tersembunyi dari pandangan. Selama investigasi oleh
JW Yzerman pada 1885 kaki aslinya ditemukan. Tingkat tersembunyi Borobudur Kamadhatu terdiri dari 160 relief yang menggambarkan adegan Sutra Karmawibhangga, hukum sebab dan akibat. Menggambarkan perilaku manusia keinginan, relief menggambarkan merampok, membunuh, perkosaan, penyiksaan dan pencemaran nama baik.
Bukti menunjukkan bahwa dasar tambahan ditambahkan selama konstruksi asli candi. Alasan untuk menambahkan dasar adalah tidak 100% yakin, tapi mungkin baik untuk stabilitas struktur, untuk mencegah basis bergerak, atau karena alasan agama - untuk menutupi lebih banyak konten cabul. Basis ditambahkan 3.6m tinggi dan lebar 6,5 juta.
Sebuah sudut dasar yang meliputi telah dihapus secara permanen untuk memungkinkan pengunjung untuk melihat kaki yang tersembunyi, dan beberapa relief. Lihat gambar ke kanan.
Fotografi dari seluruh koleksi 160 relief ditampilkan di Museum Borobudur yang berada dalam Taman Arkeologi Borobudur.
Zona 2 RapadhatuLingkungan transisi, di mana manusia dibebaskan dari hal-hal duniawi.
Empat tingkat persegi Rapadhatu mengandung galeri relief batu berukir, serta rantai relung yang berisi patung Buddha. Total ada 328 Buddha pada tingkat ini balustraded yang juga memiliki banyak relief hiasan murni.
Manuskrip Sanskerta yang digambarkan pada tingkat ini lebih dari 1 300 relief Gandhawyuha, Lalitawistara, Jataka dan awadana. Mereka peregangan untuk 2.5km. Selain itu ada 1 212 panel dekoratif.
Zona 3 ArupadhatuLingkungan tertinggi, tempat tinggal para dewa.
Ketiga teras melingkar yang mengarah ke pusat kubah atau stupa mewakili naik di atas dunia, dan ini adalah teras besar yang kurang hiasan, kemurnian bentuk adalah yang terpenting.
Teras mengandung lingkaran stupa berlubang, bentuk lonceng terbalik, patung Buddha yang mengandung, yang menghadapi keluar dari kuil. Ada 72 dari stupa secara total. Stupa utama mengesankan saat ini tidak setinggi versi aslinya, yang naik 42m di atas permukaan tanah, dasar adalah diameter 9.9m. Berbeda dengan stupa sekitarnya, stupa pusat kosong dan laporan yang bertentangan menunjukkan bahwa kekosongan pusat yang relik, dan laporan lainnya menyarankan itu selalu kosong.
HAND OUT
Total 504 Buddha dalam meditasi berpose, dan 6 posisi tangan yang berbeda diwakili seluruh kuil, sering menurut arah wajah Buddha.
Konsep ini melambangkan 'mudra' seperti amal, penalaran dan keberanian, dikatakan mereka bercerita bahwa wajah tenang Buddha tidak.
RESTORASIBorobudur diserahkan kepada kerusakan alam di abad ke-8 ketika kekuatan Jawa bergeser ke timur pulau. Alasan untuk perubahan ini tidak diketahui, tetapi sering berspekulasi bahwa ada letusan gunung berapi dan orang-orang pindah ke berada jauh dari itu.
Ada naskah yang berhubungan cerita dari Jawa kembali mengunjungi situs di abad ke-18. Tapi itu 'penemuan kembali' oleh Sir Stamford Raffles Inggris pada tahun 1814 yang menyebabkan pengakuan yang lebih besar dan juga upaya-upaya pelestarian.
Pada tahun 1815 Raffles menugaskan membersihkan awal, di mana 200 buruh menghabiskan 45 hari menebang pohon dan bergerak bumi dari sisa-sisa. Banyak daerah candi yang kendur.
Kegiatan dilanjutkan dengan dokumentasi dan interpretasi relief. Itu selama karya Ijzerman pada tahun 1885 bahwa relief tersembunyi di dasar candi ditemukan. Itu tersebut relief tersembunyi yang juga mengungkapkan beberapa petunjuk Sansekerta kiri untuk pemahat, dengan huruf yang begitu khas bahwapembangunan candi bisa ditanggalkan, ke tengah abad ke-9, pada masa pemerintahan dinasti Saliendra.
Sebuah beberapa adegan telah tersisa belum selesai, dengan instruksi kepada pemahat batu tertulis dalam bahasa Sansekerta, dan gaya huruf begitu khas yang dapat tanggal khusus untuk pertengahan abad ke-9.
Pada tahun 1907 restorasi skala besar dilakukan di bawah pelatih asal Belanda Van Erp yang selesai pada tahun 1911. Pekerjaan itu signifikan dan pasti dijaga kuil untuk beberapa waktu. Namun, banyak dari potongan-potongan yang tidak dimasukkan kembali dalam posisi semula selama restorasi.
Pada tahun 1956 lain penilaian candi ini dibuat oleh seorang ahli Belgia yang dikirim oleh UNESCO. Penilaiannya menyimpulkan bahwa kerusakan air yang signifikan, dan akan perlu dibendung jika candi itu memiliki masa depan jangka panjang. Bukit di bawah candi itu terkikis, yayasan sedang melemah dan juga relief sedang terkikis.
Pekerjaan persiapan dimulai pada tahun 1963, yang antara lain menemukan bahwa bukit tidak sebuah bukit alami seperti yang selalu diasumsikan, tetapi daerah itu adalah tanah liat, dicampur dengan batu dan chip batu. Pekerjaan awal menilai skala restorasi untuk menjadi raksasa, dan Pemerintah Indonesia kemudian mengajukan proposal kepada UNESCO pada tahun 1968 menguraikan karya-karya yang dibutuhkan.
UNESCO memberikan dukungan penuh dan mulai bekerja untuk mengumpulkan dana untuk restorasi. Dari tahun 1968 sampai 1983, penelitian melalui restorasi berlangsung di bawah UNESCO. Spesialis dari seluruh dunia datang untuk membantu pembongkaran, dan re-engineering dari situs. Sebuah pekerjaan besar juga dilakukan untuk mengembangkan prosedur untuk mencegah mikroorganisme memakan batu itu.
The warisan dunia UNESCO daftar Candi Borobudur itu tertulis pada tahun 1991.
KORIDOR CANDI
Akurat sesuai dengan Borobudur adalah dua candi yang lebih kecil, Pawon dan Candi Mendut. Mengingat waktu di mana candi ini dibangun, posisi akurat dicapai masih merupakan misteri. Pawon adalah 1.15km, dan Mendut 3 km dari Borobudur.
Ketiga candi tersebut digunakan untuk membentuk rute untuk festival hari Waisak setiaptahun. Diadakan setiap tahun pada hari bulan purnama pada bulan April atau Mei festival memperingati kelahiran, pencerahan dan kematian Buddha Gautama.
Ini hari penting dalam kalender Budha melihat peziarah lokal dan internasional berjalan dalam prosesi dari Mendut, sampai Pawon dan kemudian ke Borobudur. Ini adalah kesempatan berwarna-warni dan meriah didukung oleh pemerinta indonesia
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar